KH. Anwar Zahid : " Wong Kok Kalah Karo Pitik "


KALAH KARO PITIK : KH. Anwar Zahid, ketika manusia kalah cerdas dengan ayam [ images : roy enhaer/diplomasinews.net ]

DIPLOMASINEWS.NET_TEGALSARI_BANYUWANGI_Tepatnya di Pondok Pesantren Tsamarotur Roudlhoh, Tegalsari, Banyuwangi, Jawa Timur, pada Minggu Malam, 10 Maret 2019, tepat pukul 20.00 WIB, telah menggelar pengajian akbar menyambut Isra Mi’raj 1440 H. Dan, gelaran yang dihadiri ribuan umat itu telah menghadirkan pendakwah kondang KH. Anwar Zahid, dari Bojonegoro.

Dari atas panggung, dai kondang itu telah menebar dan menabur tausyiahnya dengan kecirikhasannya yang menggelitik, cerdas, logis, lugas, bersahaja, dan komunikatif menyapa beragam ribuan jamaah yang khusyuk menyimaknya hingga usai.

Dengan style yang menggemaskan, ia memberi contoh sepele soal kehidupan ini. Ia, memberi contoh betapa manusia itu sering kalah pinter dengan bangsa ayam dalam berkehidupan sehari-hari. Yaitu, cerdas mana antara manusia dengan ayam dalam hal merawat anak-anaknya.

CEKER-CEKER : KH. Anwar Zahid bersama onliner DIPLOMASINEWS.NET, induk ayam tidak pernah menitipkan anak-anaknya kepada ‘embahnya’. Sejak kapan ayam punya embah? [ images :  roy enhaer/diplomasinews.net ] 


Faktanya, kata Anwar, manusia itu jika memiliki anak seringkali ‘dititipkan’ kepada ‘embah’ nya. Celakanya, si embahnya juga menerimanya jika dititipi cucunya. Padahal, pendidikan anak itu akan lebih terarah jika dididik sendiri oleh kedua orang tua kandungnya. Sedangkan, embahnya justru bukan edukasi yang diberikan tetapi lebih pada ‘kasihan’ saja terhadap cucunya.

Lanjutnya, sedangkan ayam meski beranak berapa ekor pun, ia tidak pernah menitipkan anak-anaknya kepada ‘embah’nya. Meski anaknya selusin, ia akan tetap merawat anak-anaknya hingga beranjak dewasa dan mandiri. Ketika anak-anaknya sudah mendiri, ‘babon’ nya selalu menghalaunya agar ‘ceker-ceker’ mencari makanan tanpa harus menggantungkan babonnya.

“Mosok, wong menungso kok kalah karo pitik,” pungkas KH. Anwar Zahid, di akhir tausyiahnya, pada Minggu malam, 10 Maret 2019. Maksudnya, masak manusia berakal kok masih kalah cerdas dengan ayam dalam mengurus anak-anaknya.

Onliner          : andri/nanang
Editor             : roy enhaer

Related

Cover Story 4787116655679416227

Follow Us

Postingan Populer

Connect Us

DIPLOMASINEWS.NET
Alamat Redaksi : Perumahan Puri Jasmine No. 07, Jajag, Gambiran, Banyuwangi, Jawa Timur
E-mail : redaksi.diplomasi@gmail.com
item